Apakah Manfaat Olahraga bagi Kesehatan Manusia? (Hal. 76)

Apakah manfaat berolahraga itu?
1.  Menyehatkan dan menyegarkan badan
Ketka sedang berolahraga, otomatis tubuh akan membuang energi sisa selama beraktifitas berupa cairan keringat, kemudian diganti dengan energi baru. Energi baru tersebut berupa makanan dan minuman yang sehat, yang dikonsumsi setelah beberapa menit melakukan olahraga. Hal ini akan membuat tubuh terasa segar dan fit untuk memulai aktiftas baru.

2.  Melatih daya pacu jantung
Ketika melakukan olahraga, pacu detak jantung akan semakin cepat dan berdetak normal kembali ketika istirahat. Hal ini baik bagi kesehatan tubuh karena peran jantung dalam tubuh mengedarkan darah ke semua tubuh. 

3.  Melancarkan peredaran darah dalam tubuh
Manfaat yang ketiga berhubungan dengan poin yang kedua. Saat daya kerja detak jantung yang baik, maka peredaran darah dalam tubuh pun akan baik. Hal ini mencegah berbagai macam masalah tubuh yang timbul, seperti pusing, stroke, keram, kesemutan, dan lain sebagainya.

4.  Mempercepat pertumbuhan tubuh
Kegiatan olahraga, apapun bentuknya dengan catatan sesuai dengan kemampuannya, bereperan mempercepat pertumbuhan tubuh seperti tinggi badan dan bentuk otot tubuh 

5.   Mengurangi risiko terkena penyakit jantung
Saat berolahraga, otomatis tubuh membakar lemak dan kolesterol. Dengan pembakaran lemak dan kolesterol dalam tubuh, mengurangi risiko terkena penyakit jantung ynag biasanya dialami pria dan wanita yang sudah berumur. Akan tetapi banyak kasus sekarang para remaja maupun baru beranjak dewasa yang sudah memiliki penyakit jantung. Untuk itu, disarankan berolahraga lah sejak dini.

Powered by Blogger.